Unit Penjaminan Mutu

PROFIL UNIT PENJAMINAN MUTU (UPM)
FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS TADULAKO

I. STRUKTUR ORGANISASI
Berdasarkan SK Rektor No. 1079/UN28/KP/2021 tentang Pengangkatan Pengelola Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako, struktur organisasi     sebagai berikut:

II. TUGAS
Tugas Unit Penjaminan Mutu (UPM) yaitu melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, mengevaluasi kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan di Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Tadulako. Operasional pelaksanaan tugas tugas tersebut diemban oleh ketua divisi yang masing-masing bertanggung jawab sesuai bidangnya. Divisi terdiri dari :
1. Divisi Standar Operasional Prosedur (SOP) bertugas untuk menyusun dan melengkapi draf dokumen SOP dan menyerahkan ke Dekan/Wakil Dekan Bidang
Akademik yang selanjutnya disetujui dan disahkan oleh Senat Fakultas, dan di SK oleh Dekan.
2. Divisi Dokumen Mutu bertugas untuk menyusun dan melengkapi dokumen SPMI yang terdiri dari: dokumen Standar Mutu, Manual Mutu, PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Pengembangan) standar mutu pendidikan di Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.
3. Divisi Monitoring dan Evaluasi (Monev) bertugas untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Selanjutnya menyusun dokumen hasil monev yang telah dilaksanakan.
4. Divisi Tracer Study (TS) bertugas untuk melaksanakan dan menyusun dokumen hasil tracer study yang telah dilaksanakan.
5. Divisi Evaluasi Diri (ED) bertugas untuk menyusun dokumen evaluasi diri fakultas yang merupakan rangkuman dari evaluasi diri program studi, selanjutnya membuat
rancangan tindak lanjut untuk pengembangan fakultas.

III. FUNGSI
Fungsi Unit Penjamian Mutu (UPM) sesuai divisi yang ada yaitu:
1. Menghasilkan dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dapat dilaksanakan pada setiap unit di Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.
2. Menghasilkan dokumen mutu yang dapat menjadi pedoman dan rujukan pada setiap unit di Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.
3. Menghasilkan dokumen Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang siap untuk dijadikan pedoman dan rujukan dalam peningkatan dan pengembangan pada
setiap unit di Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.
4. Menghasilkan dokumen tracer study yang dapat dijadikan rujukan dalam peningkatan dan pengembangan alumni di Fakultas Peternakan dan Perikanan
Untad.
5. Menghasilkan dokumen evaluasi diri yang dapat menjadi rujukan untuk peningkatan dan pengembangan di Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad.