Workshop Reference Manager dan Kebersamaan

Pagi itu Selasa 15 November 2022, dalam ruangan berpendingin udara tampak kesibukan sivitas akademika. Rupanya giat workshop hari ini akan bermula segera, mulai dari persiapan tempat duduk yang nyaman hingga mengatur posisi catu daya bagi perangkat portabel elektronis. Kegiatan workshop di hari yang cerah ini sebenarnya hanya dikhususkan bagi dosen, namun Jurusan Perikanan dan Kelautan memberikan akses lebih luas kepada peserta lainnya untuk belajar bersama. ‘Bersama, lebih baik dan bermanfaat luas’ menjadi salah satu tujuan dari belajar step by step aplikasi reference manager (EndNote 20), sehingga baik mahasiswa, tenaga kependidikan, dan laboran menunjukkan antusiasme belajar yang tinggi.

Aplikasi EndNote adalah salah satu alat yang dapat digunakan mengelola referensi dalam penulisan karya ilmiah baik berupa esai atau pun artikel. Penggunaan aplikasi reference manager sangat penting dikuasai, untuk memfasilitasi sivitas akademika dalam mengumpulkan berbagai koleksi sitasi, terlebih bahwa menulis karya ilmiah menjadi aktivitas keseharian dalam dunia akademisi dan ilmuwan pada umumnya. Kesalahan-kesalahan dalam penulisan referensi pada skripsi mahasiswa misalnya, dapat diantisipasi dengan penggunaan reference manager.

“Dosen tidak perlu lagi sibuk mengoreksi sistematika penulisan dari laporan atau skripsi mahasiswa, akan tetapi bisa lebih berfokus pada substansinya”, demkian kata Dr. Akbar Marzuki Tahya, S.Pi., M.Si. selaku mentor dalam pelatihan tersebut.

Tidak kalah semangatnya dengan mahasiswa, tendik, laboran dan dosen pun antusias mempelajari cara pengunaan aplikasi reference manager tersebut. Khususnya dosen yang dituntut untuk terus menghasilkan artikel ilmiah dari hasil-hasil risetnya tentu juga akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Antusiasme itu pun menciptakan kebersamaan yang hangat antara mahasiswa, dosen, tendik serta laboran di Jurusan Perikanan dan Kelautan FAPETKAN UNTAD.

Kegiatan-kegiatan serupa dalam rangka meningkatkan kapasitas sumberdaya Jurusan Perikanan dan Kelautan akan terus dilakukan, demikian penyampaian Dr. Ir. Eka Rosyida, M.App.Sc selaku Sekertaris Jurusan. “Meski dilaksanakan dalam waktu yang terbilang cukup singkat, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi pemantik awal guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) baik dosen/staf pengajar khususnya mahasiswa dalam penggunaan ‘EndNote’ untuk penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiah.” Tutup Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan, Rusaini, S.Pi., M.Sc., Ph.D. Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.