Penjajakan Kemitraan Fapetkan dengan FPK Unair, Faperta UTM dan BSTC Malang

Fakultas Peternakan dan Perikanan, Univeritas Tadulako (FAPETKAN-UNTAD) terus berupaya memperluas relasi kemitraan, salah satu bentuk upaya ini yaitu dengan melakukan penjajakan kemitraan dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (FPK UNAIR), Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo (FAPERTA UTM) serta dengan Bajulmati Sea Turtle Conservation (BSTC) Malang, Jawa Timur.

FPK UNAIR terdiri dari 2 departemen yaitu Departemen Kelautan dan Departemen Manajemen Kesehatan Ikan dan Budidaya Perairan dengan 5 Program Studi yaitu Akuakultur, Akuakultur (PSDKU Banyuwangi), Teknologi Hasil Perikanan, Bioteknologi Perikanan serta Kelautan dan Ilmu Perikanan dengan visi Menjadi Fakultas yang Mandiri, Inovatif yang Diakui secara Nasional dan Internasional serta Mempunyai Keunggulan di Bidang Perikanan dan Kelautan Berdasarkan Moral Keagamaan. Sementara itu, FAPERTA UTM terdiri dari 5 Program Studi diantaranya yaitu Ilmu Kelautan dan Manajemen Sumber Daya Perairan yang secara khusus juga mempunyai program fortifikasi garam.

Adapun BSTC merupakan Kawasan konservasi berbagai jenis penyu antaralain Penyu Hijau (Chelonia midas), Penyu Lekang (Lepidocheyls olivacea), Penyu Sisik (Eretmocheyls imbricata) dan Penyu belimbing (Dermocheyls coriacea). Didalamnya juga terdapat sekolah alam dan BSTC sendiri juga dideklarasikan sebagai Ibu Kota Penyu.

Penjajakan kemitraan ini sebagai langkah komunikasi awal untuk membuka proses komunikasi selanjutnya. Penjajakan kemitraan ini juga terkait dengan implementasi program Merdeka Belajar kampus Merdeka (MBKM) yang dapat dilaksanakan secara bersama antara FAPETKAN dengan FPK UNAIR, FAPERTA UTM dan juga dengan BSTC Malang.

Dr. Ir. Rusdin, M.P. Dekan Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako (FAPETKAN-UNTAD) berharap, penjajakan ini bisa melahirkan perjanjian kerjsama secara resmi yang selanjutnya ditindaklanjuti dalam bentuk pelaksanaan program bersama. Dekan juga didampingi oleh Dr. Ir. H. Samliok Ndobe, M.Si., IPM Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FAPETKAN UNTAD, Dr. Ir. Irawati Mei Widiastuti, M.Si selaku perwakilan Unit MBKM dan Dr. Ir. Fadly Y. Tantu, M.Si selaku Unit Kerjasama FAPETKAN-UNTAD. (Wd)

Leave a Reply

Your email address will not be published.