MAHASISWA FAPETKAN TERPILIH DALAM  PROGRAM PEJUANG MUDA MERDEKA

Setelah melewati proses seleksi yang cukup ketat, Mahasiswa Fapetkan terpilih menjadi peserta Pejuang Muda Merdeka. Ialah Sitti Rahmawati, Selvy, Riska dan Vindi Marlin Tudai yang ditempatkan di Kabupaten Banggai, Morowali Utara dan juga Kota Palu. Melalui program setara dengan 20 SKS ini, keempat mahasiswa Program Studi Peternakan tersebut akan menginisiasi program sosial yang relevan untuk masing-masing daerah tersebut.

Dekan FAPETKAN UNTAD, Dr. Ir, Rusdin, M.P. menyampaikan apresiasi kepada keempat mahasiswa program studi peternakan tersebut. Beliau mengatakan, menjadi bagian dalam projek sosial seperti Pejuang Muda Merdeka sudah barang tentu harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia berharap para peserta pejuang muda merdeka dapat memberi kontribusi terbaik dan sekaligus belajar dari masyarakat setempat.

“Ananda adalah wakil dari fakultas, segala tindakan ananda akan menjadi cerminan dari fakultas ini bagi masyarakat setempat. Ucap Dekan.

Program Pejuang Muda Merdeka merupakan program yang memiliki fokus kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) dimana mahasiswa diberikan kesempatan mencari pengalaman secara langsung di lapangan yaitu pada daerah-daerah dengan kategori tertentu yang diprioritaskan seperti daerah pascabencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, serta daerah Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang ada di seluruh nusantara. Dalam program ini, mahasiswa berperan sebagai agen perubahan sosial, melalui kegiatan pemetaan masalah, identifikasi alternatif solusi, formulasi solusi terbaik, perencanaan sumber daya dan capaian, pengerahan peran-serta elemen masyarakat, implementasi dan pelaporan serta pengukuran dampak.

Program Pejuang Muda Merdeka merupakan program kolaborasi Kemnsos dengan Kemendibudristek RI yang diluncurkan secara resmi oleh pada tanggal 17 September 2021 lalu dan merupakan salah satu implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Adanya program ini diharapkan menjadi laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret.

Pelepasan keberangkatan Peserta Pejuang Muda Merdeka dilaksanakan di ruangan Dekan, Gedung Dekanat FAPETKAN. Turut hadir memberidukungan kepada peserta antaralain Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ir Syahrir, MP, Ketua Unit MBKM FAPETKAN, Dr. Ir. Andi Pertiwi S.Pt, M.Si, IPM dan Wakil Ketua Unit MBKM FAPETKAN, Dr. Ir. Irawati Mei Widiastuti, M.Si. (Wd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *