Proposal Tim PKM Fapetkan menjadi salah satu yang dinyatakan lolos untuk didanai oleh Dikti pada kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 dalam skema PKM-Riset Eksakta (PKM-RE). Tim yang terdiri dari I Kadek Suka Artayasa, Moh Salim Manabanti, Karimullah dan Devi Elvina Sari, Empat mahasiswa Program Studi Akuakultur Fapetkan ini menggagas ide tentang ‘Artificial microhabitat pada Pemeliharaan Banggai Cardinalfish (BCF)’.

Internasional Union Conservation Of Nature (IUCN) pada akhir tahun 2007 menyebutkan, BCF menjadi salah satu organisme yang terancam punah karena terjadi penurunan populasi secara drastis. Penurunan populasi BCF diakibatkan oleh degradasi habitat karena faktor kegiatan manusia dan perubahan iklim. Melihat kondisi ini, Kadek dan kawan-kawan terdorong untuk mencari solusi alternatif dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

Dengan mengedepankan prinsip ramah lingkungan, Artificial microhabitat  yang dibuat oleh kadek dan kawan-kawan terinspirasi dari sejulmah hasil penelitian yang menyebutkan, Bulubabi sebagai mikrohbitat yang baik bagi keberlangsungan hidup BCF.

“Pada beberapa hasil penelitian terkait BCF ditemukan bahwa Bulubabi merupakan mikrohabitat yang baik bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup BCF. Oleh karena itu, kami terpikir bagaimana mendesain suatu mikrohabitat buatan yang menyerupai Bulubabi sehingga dapat menunjang keberlangsungan hidup BCF.” Ungkap Kadek.

Berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, rencananya Kadek dan kawan-kawan akan memulai penelitiannya pada awal juli mendatang, selama kurang lebih tiga minggu di Kabupaten Banggai. Bertekad lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan merebut juara, sejumlah persiapan pun tengah dilakukan oleh Tim BCF Fapetkan ini, salah satunya dengan mempekaya kualitas proposal.

Dalam rangka menunjang persiapan tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fapetkan,    Dr Ir Samliok Ndobe MSi IPM memfasilitasi Tim BCF dengan mengadakan seminar proposal yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dan dosen pada Senin (07/06) di Ruang Senat Fapetkan.

Dr Ir Samliok Ndobe MSi IPM berharap, dengan diseminarkannya proposal PKM Tim BCF tersebut, dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan sehingga bisa lolos hingga ke PIMNAS serta memotivasi mahasiswa lainnnya untuk berpartisipasi dalam program PKM.

“Saya berharap dengan diadakannya seminar proposal ini dapat menjadi sarana sosialisasi kepada mahasiswa lain sehingga bisa memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam program PKM. Selain itu, saran dan masukan dari dosen-dosen sekiranya bisa memperkaya kualitas proposal dari Tim PKM ini. Semoga mereka dapat melakukan penelitian secara maksimal dan bisa diloloskan ke ajang PIMNAS.” Tuturnya.

Lebih lanjut, Dr Ir Samliok Ndobe MSi IPM mengatakan, kegiatan yang bersifat pengembangan nalar di fapetkan masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, dengan banyaknya kegiatan-kegiatan pengembangan nalar yang diadakan oleh Kemendikbud, ia akan mencanangkan kegiatan tersebut sebagai program utama dalam program pengembangan kemahasiswaan di Fapetkan. Dr Ir Samliok Ndobe MSi IPM juga menambahkan, Selain meningkatkan kapasitas keilmuan mahasiswa, kegiatan penalaran  juga dapat memberi sumbangsih terhadap akreditasi fakultas dan program studi. Wd

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *