Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) terus melakukan pembenahan dalam rangka peningkatan kualitas layanan, khususunya pada bagian pengelolaan data dengan mengadakan Pelatihan Admin PDDikti dan SIAKAD yang bertempat di Laboratorium Komputer Fapetkan (03/06).

Peserta pelatihan tersebut merupakan admin PDDikti dan SIAKAD di lingkungan Fapetkan antaralain Admin tingkat Fakultas, Jurusan, dan Prodi. Selain itu, juga turut serta Koordinator SIAKAD, Koordinator Arspiparis serta Wakil Dekan Bidang Akademik Fapetkan.

Sebagaimana dimuat dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 61 Tahun 2016, PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Fungsi dari sistem PDDikti yaitu menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional.

Sukirman S.Kom., M.MSI, Sub Koordinator Akademik dan Evaluasi Pendidikan, Admin PDPT Universitas Tadulako menyampaikan materi terkait pengelolaan data pada sistem PDDikti. Pada kesempatan tersebut, Sukirman S.Kom., M.MSI mengimbau agar para admin dapat  mengawal data secara optimal dan sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditentukan oleh pusat.

“Ujung dari data ini adalah terkait dengan ijazah. Sekarang ini sudah diberlakukan nomor ijazah nasional. Jika data mahasiswa tidak lengkap pada waktu yang ditentukan, maka dampaknya adalah mahasiswa yang bersangkutan tidak akan memperoleh nomor ijazah nasoinal dan otomatis mahasiswa tersebut tidak punya ijazah.” Jelasnya.

SIAKAD merupan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menangani proses pengeloaan data akademik dan data terkait lainnya agar seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi. Pada pelatihan ini, materi seputar Pengeloaan SIAKAD disampaikan oleh Fikri, Koordinator Programer SIAKAD UPT TIK Untad.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fapetkan, Dr Ir Syahrir MP mengharapkan, adanya pelatihan ini dapat meningkatkan memotivasi dan keterampilan bagi para admin sehingga pengelolaan data PDDikti dan SIAKAD di Fapetkan dapat semakin baik.

“Kita harapkan pengelolaan PDDikti dan SIAKAD bisa semakin baik kedepannya, seperti pengurusan KRS, daftar hadir, penginputan nilai dan sebagainya.” Tuturnya.

Menurut Dr Ir Syahrir MP, pelatihan admin tersebut juga merupakan bentuk penyegaran dalam rangka persiapan menghadapi semester ganjil 2021-2022 mendatang.

Tanggal, 3 Juni 2021

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *